Senin, 18 April 2011

LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM DIGITAL DASAR NOT DAN NAND MODUL 2

LAPORAN
PRAKTIKUM SISTEM DIGITAL
DASAR NOT DAN NAND
MODUL 2
DISUSUN OLEH :
ABDUL KHAMID NURUL WAFA (123090067)
PLUG 10

ASDOS:
RUSDITA B.S


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA
2011

 

Bab I

Dasar Teori

 

Gerbang NOT (Pembalik)

Gerbang dasar NOT dpt disebut juga sebagai gerbang pembalik. Gerbang NOT hanya mempunyai satu inputan dan satuoutputan. Gerbang NOT yaitu gerbang atau pintu yang outpunya akan berlogika berkebalikan dengan inputnya, artinya jika input berlogika 1 maka outputnya akan berlogika 0, sebaliknya jika input berlogika 0 maka outputnya akan berlogika 1. Sehingga didapat persamaan: Y = Ā

Tabel kebenaran gerbang NOT

 

Gerbang NAND

Gerbang NAND adalah gabungan dari gerbang AND & gerbang NOT. Shingga output dari gerbang NAND merupakan komplemen dari output gerbang AND. Gerbang AND adalah gerbang dasar digital yang kerjanya sama dengan 2 atau lebih saklar yang diseri. Nilai logika output akan berlogika 1, jika semua input berlogika 1 ( lampu akan menyala jika semua saklar yang disambung secara seri ditutup).
Sehingga didapat persamaan: Y = A • B

Bab II

Pembahasan

Alat Dan Bahan : 

  • Trainer NX-4 Plus 

  • IC 74LS04

  • IC 74LS00 

  • Kabel Jumper 6 buah

 Latihan :

Bab III

Kesimpulan

Gerbang dasar logika merupakan bentuk gambaran yang mengkombinasikan masukan–masukan sinyal digital menjadi satu keluaran digital yang baru. Dalam elektronika digital bilangan matematika yang digunakan adalah adalah bilangan Biner. Bilangan ini hanya terdiri dari dua sistem bilangan yaitu “0“ dan “1“, berbeda dengan bilangan desimal yang memiliki 10 sistem bilangan mulai “0“ sampai dengan “9“.
Pada elektronika digital angka “0“ pada bilangan biner mewakilkan tingkat tegangan rendah (dibawah 1V) dan angka “1“ mewakilkan tingkat tegangan tinggi (antara 3V s.d. 5V)

Bab IV

Tugas 

GERBANG PEMBANGUN UNIVERSAL 

Grbang NAND mempnyai 2 atau lebih sinyal inputan dan satu buah sinyal keluaran. Kluaran grbang NAND akan bernilai 1,jika satu atau lebih dri sinyal input brnilao 0, dan keluaran grbang NAND akan bernilai 0,jika semua sinyal inputnya brnilai 1. Gerbang NAND bisa kita digunakan utk membangun gerbang-gerbang dasar yg brbeda, sehingga dsbt sbg Gerbang Pembangun Universal... Grbang pmbangun Universal merupkan bagian dri grbang logika dsr yang brisi grbnag AND, OR, NOT, NAND, NOR, EX-OR dan EX-NOR. Grbang Universal adlh grbang NAND yg dimana grbang tsb dpt kita gunakan untuk membangun grbang2 dsr yg lainnya.. Grbang AND akn menghasilkn output 1 (Y=1), jk kdua inputan A & B) mempunyai nilai 1. Grbang AND memiliki dua atau lbh dari 2 sinyal masukan, namaun hnya 1 sinyal kluaran. Di dlm grbang AND, untuk menghasilkan sinyal keluaran yg tinggi maka semua sinyal masukan harus mempunyai nilai tinggi.

Gerbang OR akan menghasilkan output 0 (nilai Y = 0), jika kedua input (A dan B) bernilai 0. Grbang OR akan membrikn sinyal output tinggi, jka slh 1 atau semua sinyal inputan bernilai tinggi, shingga dpt dkatakn bahwa grbang OR hanya mempunyai sinyal output rendah, jka semau sinyal inputan bernilai rendah.
GRbang NOT dsbut jg dngan grbang pmblik.. Grbang NOT hnya mempunyai satu masukan saja dan satu kluaran saja. Grabang NOT adlh grbang yg outputny akn berlogika terbalik dg inputnya,, maksutny adalah: jika input bernilai 1 mka outputna akn brnilai 0, dan sbaliknya jk input brnilai 0 mk outputnya brnilai 1.

Gerbang NAND adlh gabungan dri grbang AND & grbang NOT, shingga output dri grbang NAND adlh komplemen dri kluaran grbang AND. Gerbang AND adalah gerbang dasar digital yang kerjanya sama dengan 2 atau lebih saklar yang diseri. Nilai logika output akn brnilai 1, jika semua input bernilai 1 ( lampu akan menyala jika semua saklar yang disambung secara seri ditutup).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons